7 Obat Tradisional Berbahan Dasar Lemon Untuk Menghilangkan Jerawat

Ada banyak cara menghilangkan jerawat, salah satunya adalah menggunakan minyak zaitun. Selain minyak ini, terdapat beberapa obat alami penghilang jerawat lain yang juga ampuh, seperti yang akan kita bahas kali ini, yaitu jeruk lemon.

Jerawat bisa terjadi karena banyak alasan seperti karena masalah hormon, minyak di kulit yang berlebih dan juga karena pola makan dan pola hidup yang tidak teratur.

Selain sakit, jerawat juga mengganggu penampilan dan meninggalkan bekas. Oleh karena itu selain melakukan langkah pencegahan, setiap orang perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat yang cocok untuk kulit wajahnya.

Kandungan Lemon

Berikut ini beberapa kandungan lemon yang sangat baik dalam mengatasi masalah jerawat di wajah:

  • Kandungan pertama yang bisa anda dapatkan adalah kandungan vitamin C. Semua jeruk memang terbukti mengandung vitamin C yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Namun tidak hanya itu vitamin C terbukti bisa merawat kulit dan meregenerasi menjadi sehat kembali.
  • Asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk ini terbukti dapat mengeringkan jerawat yang ada di wajah. Asam sitrat memang kandungan yang cukup keras namun tetap dalam kadar yang aman jika digunakan dan di aplikasikan di wajah.

Ada banyak sekali manfaat buah lemon bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan vitamin C di dalam buah ini sangat baik bagi kesehatan dan sifatnya yang anti bakteri mampu mengatasi masalah jerawat yang membandel.

Ramuan Tradisional Penghilang Jerawat dari Bahan Lemon

Obat tradisional dari lemon untuk menghilangkan jerawat

Obat tradisional dari lemon untuk menghilangkan jerawat

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan masalah jerawat dengan menggunakan lemon dan bahan tambahan lainnya.

  1. Lemon dan Yoghurt

Lemon mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga dan meregenerasi kulit dan kulit wajah.

Namun penggunaan buah ini saja untuk wajah akan berdampak negatif yakni mengurangi kadar air dalam wajah dan membuat kulit terasa kering.

Hal ini menyebabkan penggunaan buah ini pada wajah memang bisa mengeringkan jerawat, tetapi akan mengeringkan juga area wajah lainnya.



Untuk itu tambahan yoghurt diharapkan bisa mengurangi efek samping tersebut dengan melembabkan wajah.

Kandungan probiotik yang ada pada yoghurt bisa membantu melancarkan pencernaan jika dikonsumsi dan menyehatkan kulit jika diaplikasikan secara rutin.

Caranya dengan memeras air lemon sekitar dua sendok kemudian menambahkan yoghurt sekitar dua sendok juga dan mengaduknya.

Setelah itu aplikasikan ke bagian berjerawat, setelah itu diamkan selama 5-10 menit. Jika sudah maka anda bisa membersihkan dan membilasnya.

  1. Tomat dan Lemon

Cara selanjutnya menghilangkan jerawat yakni menggunakan Tomat dan Lemon, dimana kedua bahan ini bisa jadi duet hebat untuk menghilangkan jerawat di wajah anda.

Tomat memiliki khasiat untuk memperbaiki sel kulit yang rusak akibat jerawat, sementara lemon memiliki kandungan vitamin C yang kuat.

Cara mengolahnya cukuo mudah, yakni dengan menyiapkan buah tomat segar dan haluskan, setelah itu peras jeruk ini dan aduk merata.

Jika sudah berbentuk seperti pasta maka tempelkan masker ke bekas jerawat dan diamkan selama 30 menit. Lakukan secara rutin seminggu dua kali agar jerawat mudah hilang.

  1. Kentang dan Lemon

Kentang dan lemon sama-sama memiliki kandungan yang sangat baik. Kandungan vitamin yang ada di kentang terbukti menangkal radikal bebas dan bisa merangsang peningkatan kolagen di kulit.

Kentang membantu menghilangkan sel kulit mati yang disebabkan oleh jerawat, sehingga sayur ini sangat baik digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.

Caranya, dengan memeras air atau sari kentang, kemudian tambahkan 5 sdm perasan air lemon. Setelah itu gunakan kapas dan tempelkan pada area wajah yang berjerawat. Jangan lupa mencuci kentang sampai bersih sebelum memeras sarinya.

  1. Kunyit dan Lemon

Rempah sudah dipercaya sejak dulu menjadi bahan yang tepat untuk merawat kecantikan wanita Indonesia. Khususnya di bagian wajah, karena banyaknya putri keraton yang memilih menggunakan rempah.

Bahan tradisional yang terbukti meningkatkan kecantikan anda salah satunya adalah kunyit.

Meskipun jika digunakan untuk masak ataupun untuk perawatan kulit, kunyit akan meninggalkan warna kuning, tetapi manfaat kunyit sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat atau bekas jerawat.

Anda bisa mengkombinasikannya dengan menggunakan lemon. Yakni dengan mengambil 1 sdt kunyit bubuk atau anda bisa menghaluskan 2 ruas kunyit kemudian dicampurkan dengan perasan lemon sebanyak 2 sdm.

Setelah itu aduk secara merata, mengingat bubuk kunyit seringkali tidak murni atau mengandung tambahan kimia, sebaiknya gunakan kunyit asli yang diparut saja.

Gunakan seminggu sekali untuk hasil yang optimal.

  1. Mentimun dan Lemon

Resep menghilangkan jerawat selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah menggunakan mentimun dicampur lemon.

Timun terbukti memiliki astringent alami kulit yang mampu mengangkat sel kulit mati yang ada pada kulit di wajah. Apalagi jika sehari-hari anda bekerja dan berhadapan dengan debu yang memungkinkan jerawat tumbuh sangat banyak.

Selain itu timun sangat baik dalam mengecilkan pori-pori. Untuk bisa menghilangkan jerawat dan menyegarkan wajah, anda bisa menggunakan ½ bagian timun kemudian haluskan dan saring untuk diambil sarinya.

Setelah itu masukkan perasan air lemon dan mengaduknya, jika sudah gunakan kapas bersih dan tempelkan di wajah selama 30 menit.

Jangan lupa jika kapas sudah agak kering ganti maka gunakan yang baru untuk kembali di tempelkan di wajah.

Lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur di bagian yang berjerawat selama seminggu 3 kali, sampai jerawat benar-benar hilang.

  1. Madu dan Lemon

Madu serta lemon bisa anda gunakan untuk menghilangkan jerawat dan merawat wajah anda, dimana madu bermanfaat untuk merawat kulit bagian wajah dan tubuh, sebagai obat untuk menangkal bakteri, bersifat penenang dan melembabkan kulit.

Bahan ini sangatlah aman untuk anda yang memang benar-benar sensitif dan takut akan reaksi yang buruk karena menggunakan lemon sebagai obat jerawat alami.

Caranya sangat mudah, ambil 1 sdm jus lemon yang dicampurkan dengan 1 sdm madu asli hingga anda bisa membentuk pasta yang mudah diaplikasikan di wajah.

Setelah itu, tinggal mengoleskan pasta madu campur lemon ke wajah dan khususnya pada bagian yang berjerawat, diamkan selama 15 menit.

Cuci wajah dengan air dingin hingga bersih. Lakukan secara rutin selama 2 hari sekali sampai jerawat hilang.

  1. Es Batu dan Lemon

Bahan selanjutnya sangat simpel dan bisa didapatkan dimana saja. Es batu dan lemon merupakan bahan yang bisa anda aplikasikan setiap malam sebelum tidur untuk mengurangi jerawat yang ada pada kulit.

Es batu memiliki efek menenangkan di bagian kulit yang berjerawat. Untuk hasil yang lebih optimal, campurkan es batu dengan perasan sari lemon.

Lalu oleskan pada bagian wajah khususnya di bagian jerawat, terutama saat jerawat sedang membengkak dan terasa sakit.

Jika jerawat anda terasa perih atau es mengakibatkan terlalu ngilu, anda bisa gunakan kain tipis dan membungkusnya seperti halnya melakukan kompres.

Tekan secara lembut di bagian jerawat dan lakukan secara rutin sampai jerawat benar-benar hilang.

Jika sudah tidak ada jerawat apakah boleh menggunakan es batu dan jerawat ini? maka jawabannya tentu saja boleh.

Namun penggunaannya tidak boleh terlalu sering, anda hanya bisa menggunakannya seminggu sekali saja untuk sekedar perawatan.

Demikian ulasan singkat cara menghilangkan jerawat menggunakan ramuan tradisional dari bahan dasar lemon.

Leave a Reply