Cara Menghilangkan Jerawat yang Membandel Dengan Cuka Apel

Pastinya anda sudah sangat sering mendengar iklan maupun para selebriti yang menyarankan untuk menggunakan cuka sari apel untuk mengatasi masalah jerawat. Tapi, pernahkan anda berfikir apakah semua hal yang mereka sampaikan tersebut benar?

Ya, ini adalah fakta yang benar. Jerawat pada umumnya adalah masalah peradangan yang timbul akibat debu, bakteri dan minyak yang ada di dalam pori-pori kulit.

Dimana peranan dari cuka sari apel adalah untuk kembali membersihkan dan mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab jerawat.

Manfaat Cuka Sari Apel Untuk Kulit

Berikut telah kami rangkum rangkaian manfaat yang bisa diberikan oleh cuka sari apel untuk kesehatan kulit.

  1. Melawan bakteri dan jamur

Khasiat kusus yang dimiliki oleh cuka sari apel adalah anti septik, anti jamur dan anti mikroba. Ini juga yang secara alami telah terbukti untuk mencegah dan mebatasi perkembangan jamur atau bakteri jahat penyebab jerawat.

  1. Astringen alami

Bahan alami yang terkandung dalam cuka sari apel akan dengan mudah menyerap kelebihan minyak pada kulit dan akan mengurangi masalah peradangan, mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori dan membersihkan kotoran yang menumpuk hingga kulit menjadi lebih lembut dan halus.

  1. Menyeimbangkan tingkat pH kulit Anda

Sebenarnya kulit kita memiliki lapisan alami yang bersifat asam dan memiliki pH yang hampir mendekati 5 inilah yang akan melindungi kulit dari beragam masalah dan bahaya yang mengancam kulit seperti infeksi bakteri.

Namun penggunaan beragam produk perawatan kecantikan terkadang malah merusak keseimbangan pH kulit tersebut. Cuka sari apel akan mengembalikan keseimbangan pH pelindung kulit.

  1. Kaya asam yang bermanfaat untuk kulit Anda

Beragam jenis asam organik seperti asam laktat, aselat, askorbat, sitrat dan malat bisa ditemukan di cuka sari apel.

Beragam jenis asam organik tersebut diperlukan tubuh untuk melawan beragam jenis bakteri dan menyehatkan kembali tubuh anda.



Kekencangan kulit terbukti bisa secara ampuh dilakukan oleh kandungan asam laktat dan ini juga akan membantu dalam mengurangi garis kerutan dan juga garis-garis halus yang ada di kulit.

Asam askorbat yang merupakan salah satu vitamin C juga bisa meningkatkan produksi dari kolagen, mengembalikan kerusakan yang disebabkan oleh UVB dan mencegah kerutan bahkan ini juga ampuh dalam menangani maslaah dehidrasi.

Ini juga bisa mengatasi masalah penuaan, perubahan warna kulit serata mengatasi masalah peradangan.

  1. Memiliki antioksidan kuat

Kandungan polifenol yang memiliki beragam manfaat juga terdapat di dalam cuka sari apel.

Beberapa kandungan tersebut berupa asam galat, epikatekin, asam caffeic, katekin dan asam kloregenat yang akan meilndungi kulit anda dari beragam masalah yang menyebabkan timbulnya proses penuaan dini.

Keriput dan masalah kulit kering bisa diatasi dengan asam galat.

Kerusakan kulit yang disebabkan oleh bahaya radikal bebas bisa disembuhkan oleh katekin dan epitekin.

Kerusakan UVB yang terjadi bisa di atasi oleh asam klorogenik serta membantu kembali melindungi selsel kulit. Peradangan, penyembuhan luka lebih cepat dan mencegah proses kanker bisa dilakukan oleh asam caffeic.

Inilah mengapa tidak lagi diragukan kemampuan dari sari cuka apel untuk mengatasi masalah kulit yang beragam. Bahkan semua efek seperti anti batreri, anti inflamasi dan anti oksidan sangat baik untuk masalah jerawat.

Jenis Cuka Sari Apel yang Tepat untuk Penyembuhan Jerawat

Anda sebaiknya menggunakan versi tanpa filter dari sari cuka apel untuk masalah kulit dan penanganan jerawat.

Karena cuka yang telah disaring atau telah difilter akan sedikit kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk melawan jerawat dan mempercantik kulit wajah anda tersebut.

Bentuk atau penampakan dari cuka apel yang masih belum difilter agak sedikit keruh dan bewarna lebih gelap.

Cuka jenis ini biasanya masih memiliki kandungan dari prebiotik, bakteri baik, enzim dan antioksidan. Tentunya ini merupakan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat dan bisa memerangi maslaah jerawat.

Nah setelah anda mendapatkan salah satu jenis cuka apel ini maka anda sudah bisa melakukan beberapa penerapan cuka apel untuk melawan jerawat dan mendapatkan wajah yang bersih dan sehat.

Cara Menggunakan Sari Cuka Apel Untuk Penanganan Jerawat Membandel

Cuka sari apel menghilangkan jerawat

Cuka sari apel menghilangkan jerawat. Gambar: https://www.littlethings.com/apple-cider-vinegar-for-acne/

Berikut kita akan membahas bagaimana cara menggunakan sari cuka apel yang benar dalam penerapannya untuk mengobati jerawat yang membandel.

Setiap kali anda ingin menggunakannya pada kulit wajah pastikan anda selalu memberikan sedikit campuran air agar tidak mengeringkan kulit secara berlebihan.

Cuka apel dan Madu

Bahan:

  • 3 sendok makan madu murni.
  • 1 sendok makan cuka sari apel.

Metode:

  • Campurkan cuka sari apel dan madu dalam sebuah wadah.
  • Tempatkan sedikit campuran di jari Anda dan pijat keseluruh wajah Anda.
  • Anda bisa membiarkan campuran itu selama 5 menit untuk pembersihan lebih dalam.
  • Bilas sampai bersih.

Cuka sari apel akan membersihkan dan mengencangkan kulit Anda. Madu membantu menghilangkan kotoran dari wajah Anda dan bersifat antimikroba.

Ini juga mengencerkan dan membawa cuka sari apel dengan cara yang baik dan bersifat tidak terlalu asam untuk kulit Anda.

Cara menggunakannya: Anda dapat menggunakan pencuci muka ini setiap hari.

Cuka Sari Apel Sebagai Toner

Bahan:

  • Kulit sensitif: 1 banding 4 (1 bagian cuka sari apel dan 4 bagian air yang disaring)
  • Kulit normal: 1 banding 2 (1 bagian cuka apel dan 2 bagian air yang disaring)
  • Kulit berminyak: 1 banding 1 (1 bagian cuka sari apel dan 1 bagian air yang disaring)

Metode:

  • Campur cuka apel dan air yang disaring dalam sebuah wadah.
  • Cuci muka dengan pembersih yang biasa Anda gunakan.
  • Oleskan toner dengan kapas di seluruh wajah Anda.
  • Biarkan toner kering.
  • Terapkan pelembab.

Cuka apel mengencangkan pori-pori Anda dan menghilangkan kelebihan minyak dari kulit Anda. Ini juga akan mengeringkan jerawat dari waktu ke waktu dan mencegah bakteri penyebab jerawat tumbuh di kulit Anda.

Cara menggunakannya:

Anda dapat menggunakan toner ini setiap hari setelah mencuci wajah dengan pembersih biasa.

Toner cuka apel dapat menyebabkan wajah terlalu kering, untuk itu tambahkan lebih banyak air ke dalam campuran untuk mengimbangi keasaman.

Cuka sari apel untuk jerawat dapat membantu Anda menghilangkan jerawat dengan menggunakannya secara eksternal dan internal.

Untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat paling banyak, gunakan cuka sari apel tanpa filter, organik dan tidak dipasteurisasi yang masih banyak mengandung zat-zat penting.

Ketika Anda menerapkannya pada kulit Anda, ingatlah untuk selalu mengencerkannya dengan tambahan sedikit air.

Saat Anda menggunakannya secara internal (diminum), ingatlah untuk berkumur agar asam tidak menempel di gigi Anda.

Menggunakan sedotan saat meminumnya membantu mencegah kerusakan asam pada gigi. Ingatlah bahwa perawatan yang tepat harus dilakukan saat menelan cuka sari apel. Cuka sari apel yang pekat terbukti tidak baik bagi tubuh.

Leave a Reply