Cara Menghilangkan Jerawat Kerena Efek Dari Program KB

Ada banyak efek samping yang didapati seseorang ketika melakukan program Keluarga Berencana menggunakan suntik dan pil kontrasepsi, salah satunya adalah munculnya jerawat.

Suntik dan pil KB menyebabkan ketidakseimbangan hormonal di dalam tubuh dan dapat menyebabkan beberapa hal seperti kegemukan, mood swing dan jerawat.

Di artikel jerawatcinta.com kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh penggunaan pil KB.

Cara Merawat Wajah Jerawat Akibat PIL KB

Jika anda mengalami masalah jerawat setelah ikut program KB, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan di rumah:

  • Gunakan Pelembab

Karena kulit Anda memproduksi lebih sedikit minyak saat penggunaan pil kb, maka penting untuk membuatnya ekstra terhidrasi. Pilihlah pelembab bebas minyak yang akan melembabkan kulit Anda tanpa menambahkan lemak berlebih.

  • Pertimbangkan Antibiotik

Dengan metode pengendalian kelahiran atau penggunaan suntik atau pil kb, tiga bulan pertama adalah periode penyesuaian. Jadi untuk mengatasi masalah jerawat di masa tersebut, anda bisa menggunakan obat antibiotik dan melakukan saran-saran dari dokter.

  • Gunakan Pembersih Berbahan Lembut

Mencuci wajah dua kali sehari dengan pembersih berbusa lembut untuk mengontrol produksi minyak. Cuci wajah Anda satu kali di pagi hari dan satu kali di malam hari, dan pastikan untuk membilas dengan bersih.

  • Pilih Toner yang Tepat

Pilih toner yang mengandung LHA atau asam glikol untuk membantu mengembalikan pH kulit dan dengan lembut mengelupas permukaan kulit, menyumbat pori-pori, dan menghilangkan kotoran berlebih.

Toner penting untuk menjaga kulit, terutama kulit yang rentan jerawat, bersih, jadi pastikan untuk menambahkannya ke rutinitas harian Anda.

  • Tidak apa-apa Tidak Menggunakan Pelembab

Karena Anda mencoba menyingkirkan kelebihan minyak, tidak apa-apa untuk tidak menggunakan pelembab sampai kulit Anda dalam kondisi yang lebih baik.



Gunakan tabir surya yang ringan, bebas minyak, atau dapat menyerap minyak. Melapisi pelembap berwarna adalah pilihan yang bagus karena memberikan perlindungan dari sinar matahari.

  • Jangan Terlalu sering Mencuci Wajah

Mencuci wajah Anda 10 kali sehari tidak akan membantu apa pun, karena kulit Anda sebenarnya tidak kotor. Semakin sering Anda mencuci, semakin banyak kulit Anda yang bekerja agar kembali menghidrasi dan akhirnya menciptakan lebih banyak minyak.

  • Gunakan Riasan Wajah yang Tepat

Gunakan gel, busa dan bubuk yang menipiskan, yang semuanya akan membantu mengekang produksi minyak.

  • Oleskan Cream Retinoid Saat Malam

Gunakan krim malam yang mengandung retinoid, yang menurunkan produksi sebum dan membantu mengecilkan pori-pori. Anda bisa mendapatkan resep krim kekuatan dari dokter kulit Anda.

  • Konsultasikan dengan Dokter Kulit

Bahkan jika kontrol kelahiran atau penggunaan pil KB Anda diresepkan oleh dokter kandungan, penting untuk menghubungi dokter kulit jika anda mendapatkan masalah jerawat setelah menggunakan pil KB

Obat Tradisional Untuk Menghilangkan Jerawat Akibat Suntik dan PIL KB

Mengatasi jerawat akibat pil KB

Mengatasi jerawat akibat pil KB

Gunakan salah satu perawatan di bawah ini untuk mengatasi jerawat membandel di wajah akibat penggunaan pil KB:

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah pengobatan yang sangat baik karena bersifat antioksidan dan anti bakteri.

Petunjuk: Oleskan sedikit minyak zaitun ke area yang berjerawat, lakukan selama beberapa menit sampai Anda bisa merasakan semua minyak terserap oleh kulit Anda. Ggunakan handuk atau kain bersih dan lap dengan air hangat.

  • Putih Telur

Putih telur adalah bahan lain yang efektif dalam mengobati jaringan parut akibat jerawat. Telur mengandung sejumlah besar protein dan akan membantu mengencangkan pori-pori untuk mencegah jerawat baru muncul.

Petunjuk: Oleskan putih telur pada bekas luka menggunakan bola kapas dan biarkan semalam untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jika Anda tidak ingin meninggalkannya semalaman, oleskan putih telur ke area yang terkena jerawat dan biarkan mengering pada kulit selama beberapa menit.

Setelah itu bersihkan wajah Anda dengan air hangat dan lakukan ini sekitar dua sampai tiga kali seminggu.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan yang sangat baik untuk perawatan kulit, karena merupakan pelembab alami dan dilengkapi dengan sifat penyembuhan.

Petunjuk: Gunakan sekitar satu sendok teh minyak kelapa dan letakkan di area yang berjerawat dan biarkan larut.

Anda tidak perlu mencucinya karena minyak kelapa mengandung banyak vitamin dan lemak tak jenuh yang penting yang akan terus meningkatkan kesehatan kulit Anda.

  • Madu

Madu adalah bahan yang bagus untuk kulit yang bersih dan dapat membantu mengurangi bekas jerawat. Kulit Anda akan terasa lembut dan lembab. Madu mengandung sifat antibakteri yang membantu menangkal infeksi.

Petunjuk: Dengan menggunakan satu sendok teh madu, oleskan ke seluruh kulit Anda terutama ke area yang berjerawat. Pijat lembut dengan gerakan memutar dan biarkan selama 10 menit, lalu bersihkan wajah Anda dengan air dingin.

  • Bawang putih

Bawang putih adalah bahan yang sangat kuat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Bawang putih mengandung berbagai sifat yang baik seperti komponen anti virus, anti jamur dan anti oksidan.

Petunjuk: Cukup potong satu siung bawang putih segar menjadi dua bagian, lalu gosokkan bawang putih pada area yang terkena dan biarkan selama 5 hingga 10 menit.

Ulangi perawatan ini beberapa kali sehari untuk hasil yang lebih cepat. Anda juga bisa makan cengkeh bawang putih mentah setiap hari, yang dapat membantu membersihkan darah Anda.

Hati-hati jika anda memiliki kulit yang sensitif karena bawang putih dapat menyebabkan kulit menjadi panas dan terbakar.

  • Irisan Kentang

Kentang kaya akan vitamin serta mineral sehingga sangat baik dalam mengobati segala jenis perubahan warna kulit. Kentang memiliki sifat kosmetik yang sangat baik yang berguna dalam menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Petunjuk: Yang harus Anda lakukan hanyalah menggosok irisan kentang mentah atau menerapkannya langsung di area yang berjerawat.

  • Bubuk Kunyit

Kunyit memiliki banyak sifat yang bermanfaat seperti antibakteri, anti-inflamasi dan komponen antioksidan yang membantu menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat.

Petunjuk: Cara termudah untuk menggunakan bahan ini adalah mencampurnya dengan air untuk membentuk pasta.

Setelah Anda membuat pasta, aplikasikan langsung pada area wajah yang berjerawat. Biarkan hingga pasta mengering, lalu bersihkan dengan air. Ulangi setiap hari untuk hasil terbaik.

  • Irisan Tomat Mentah

Menggosok irisan tomat pada bekas jerawat juga efektif dalam mengurangi munculnya bekas jerawat yang menghitam.

Tomat mengandung vitamin A dan karoten, yang tidak hanya memberikan warna merah tetapi juga senyawa antioksidan yang dapat menyembuhkan jaringan yang rusak dan meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat.

Ambil tomat merah matang dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian hancurkan potongan tomat tersebut hingga menjadi bubur tomat, lalu oleskan bubur tomat di wajah Anda dan biarkan selama 15 hingga 20 menit.

Terakhir cuci muka. Anda dapat mengulang rutin ini setiap hari selama satu atau dua minggu.

  • Mentimun

Metimun memang menakjubkan bagi kulit Anda, karena mengandung vitamin dan magnesium yang bermanfaat bagi kulit Anda. Mentimun juga mengurangi peradangan, menenangkan kulit dan menyembuhkan bekas luka yang disebabkan oleh jerawat.

Iris mentimun segar dan taruh irisan di area yang berjerawat. Biarkan irisan selama sekitar 30 menit, lalu buang irisan mentimun dan bersihkan wajah Anda dengan air. Ulangi proses ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Demikian beberapa tips merawat wajah yang berjerawat akibat menggunakan PIL KB untuk kontrasepsi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply