Cara Menghilangkan Jerawat Flek Hitam dan Komedo Secara Alami dan Cepat

Jerawat flek hitam hitam dan komedo adalah jenis jerawat yang umum dialami orang. Meski sangat umum jerawat ini lumayan bandel dan sulit ditangani.

Daripada jerawat batu dan pustula, jerawat komedo menyebabkan kulit bergelombang dan noda atau flek yang tidak meradang. Perawatan kulit yang konsisten biasanya dapat mengurangi jumlah komedo kulit.

Membersihkan wajah secara teratur dapat menghilangkan kelebihan minyak dan sebum, tetapi membersihkannya secara berlebihan dapat menstimulasi produksi minyak yang dapat memperburuk masalah.

Salah satu cara mengobati jerawat komedo terbaik adalah membersihkan sekali sehari dengan sabun ringan dan tidak kering. Beberapa dermatologists merekomendasikan penggunaan 2,5% benzoyl peroxide setelah pembersihan.

Benzoyl membantu mengurangi sel-sel kulit mati dan bakteri yang memperoleh makanan dari sebum di komedo. Ketika bakteri ini hadir, ia membentuk reaksi peradangan yang dapat menyebabkan lesi jerawat kistik yang menyakitkan.

Cara menghilangkan komedo dan jerawat flek hitam

Cara menghilangkan komedo dan jerawat flek hitam

Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat flek hitam dan komedo secara alami dari wajah:

  1. Melakukan Perawatan Topikal yang Dijual Bebas

Dalam kebanyakan kasus, komedo mudah disembuhkan, beberapa obat jerawat apotik bisa anda dapatkan dengan mudah. Saat memilih produk, cari salah satu bahan berikut:

  • Benzoil Peroksida:¬†bahan ini akan menurunkan jumlah komedo dan membantu mengurangi bakteri P. acnes yang berlebihan pada kulit Anda.
  • Asam salisilat:¬†asam hidroksi beta ini bekerja sebagai agen anti-inflamasi dan anti-bakteri yang mampu mempercepat proses pengelupasan kulit. Dermatolog juga merekomendasikan asam salisilat untuk membantu mencegah pori-pori tersumbat dan menghentikan komedo.
  • Glycolic Acid: Alpha hydroxy acids adalah jenis exfoliator kimia lain yang dapat digunakan untuk mencegah pori-pori tersumbat. Eyde mendorong penggunaan asam glikolat, yang memiliki kemampuan luar biasa untuk menembus lapisan kulit atas.
  • Retinoid: turunan vitamin A ini adalah pilihan populer untuk membuka pori-pori kulit wajah.
  1. Ekstraksi Komedo

Untuk komedo yang membandel, prosedur seperti ekstraksi komedo dapat membantu. Hanya dokter kulit yang harus melakukan prosedur ini.

  1. Pasta cendana

Pasta cendana telah digunakan selama berabad-abad sebagai perawatan kecantikan oleh wanita untuk mendapatkan kulit yang cerah dan indah, dan telah menjadi bahan yang populer untuk merawat kulit.



Cendana yang wangi berfungsi sebagai toner dan zat penenang yang akan mengurangi produksi minyak sekaligus membersihkan pori-pori kulit dari kotoran.

Cendana tidak hanya membantu menyingkirkan komedo yang ada tetapi juga mencegah kembalinya jerawat flek hitam.

Anda dapat membuat pasta kayu cendana dengan mencampur 2 sendok teh air mawar dengan 1 sendok bubuk cendana dan mengaplikasikannya secara merata pada wajah Anda.

Biarkan benar-benar kering dan bersihkan dengan air. Ulangi 2 hingga 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

  1. Minyak pohon teh

Pohon teh adalah salah satu minyak esensial yang paling bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit dan jerawat.

Minyak pohon teh adalah salah satu bahan alami paling efektif yang digunakan untuk mengobati kurap pada manusia dan juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo.

Minyak esensial ini membersihkan komedo di hidung, pipi dan dagu dalam waktu singkat dan bekerja seefektif obat-obatan seperti benzoyl peroxide.

Sifat anti bakteri dan anti jamur minyak pohon teh akan membunuh komedo penyebab bakteri pada kulit dan mencegah perkembangan komedo lebih lanjut.

Tapi minyak pohon teh sangat kuat dan karena itu tidak boleh diterapkan secara langsung ke kulit. Cara terbaik untuk menerapkan minyak pohon teh adalah dengan mencampurnya dengan air dengan perbandingan 1: 9.

Bersihkan wajah Anda dan oleskan campuran di wajah Anda menggunakan bola kapas, biarkan hingga kering, jangan bilas wajah Anda.

  1. Lemon

Jus lemon segar adalah bahan kecantikan populer yang banyak digunakan untuk mengobati masalah kulit, mencerahkan kulit cokelat dan melawan ketombe. Selain itu lemon juga dapat mengatasi komedo dari wajah.

Asam sitrat adalah salah satu kandungan dalam jus lemon yang bekerja sebagai zat ampuh untuk menghilangkan komedo dari akar dengan melebarkan pori-pori kulit dan mengeringkan kelebihan minyak.

Cara membuatnya cukup mudah, potong lemon menjadi setengah dan memerasnya, tambahkan air sedikit, rendam bola kapas ke dalam campuran dan oleskan larutan jus lemon ke area yang memiliki banyak komedo dan jerawat flek hitam.

Menerapkannya sekali sehari sudah cukup karena terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Lulur Beras

Scrubbing adalah teknik yang umum untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati pada wajah, dan juga merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan komedo di wajah.

Lulur beras akan membuka pori-pori kulit yang tersumbat, menghilangkan komedo, sel-sel mati dan kotoran dari kulit wajah.

Bagian halus tepung beras berfungsi sebagai eksfoliant wajah yang sangat baik dan memiliki kemampuan untuk menghilangkan komedo pada wajah, hidung dan dagu dan mencegahnya muncul kembali di masa depan.

Tambahkan 1 sendok teh madu ke 1 sendok teh tepung beras dan campurkan untuk membentuk pasta yang lengket, oleskan pada wajah dan hidung, tunggu selama 20 menit dan bersihkan dengan memijat lembut wajah dengan air.

Prosedur ini bisa dilakukan 3 kali setiap minggu.

  1. Cuka apel

Cuka apel adalah produk multiguna yang tersedia di apotik dan banyak digunakan untuk mengatasi masalah kulit dan rambut. Cuka apel juga merupakan salah satu solusi yang ampuh untuk menghilangkan komedo.

Cuka sari apel bekerja sebagai astringen alami dan toner yang mengurangi produksi minyak berlebih dari permukaan kulit.

Selain itu, sifat antiseptik dan antibakteri cuka sari apel dapat mencegah pertumbuhan lebih lanjut dari komedo, jerawat pasir dan jerawat flek hitam.

Celupkan kapas dalam cuka sari apel dan aplikasikan langsung ke area wajah yang berkomedo dan biarkan meresap ke dalam kulit. Cuka sari apel bersifat asam dan mungkin menyebabkan sensasi terbakar dan iritasi.

  1. Gula dan Minyak Zaitun

Scrubbing adalah cara terbaik untuk menyingkirkan komedo putih yang mengganggu.

Scrub minyak zaitun cukup efektif untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan mengeluarkan komedo dari pori-pori kulit. Selain itu, sebagai bahan alami, zaitun tidak meninggalkan residu berbahaya pada kulit.

Manfaat minyak zaitun untuk tubuh dan kulit sangat dikenal, dan sifat pelembabnya yang kuat mencegah kulit kering. Lulur ini aman untuk anak-anak dan orang-orang dengan kulit sensitif.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu:

  • Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke 1 sendok teh gula, gunakan sikat gigi yang lembut untuk menerapkan eksfoliator ini pada wajah dan gosokkan.
  • Lanjutkan menggosok selama 5 hingga 10 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

Dalam kasus yang parah, komedo dan jerawat flek hitam dapat diobati dengan mengekstraksi sebum secara manual menggunakan alat yang disebut ekstraktor komedo.

Estetika dapat melakukan ini di kantor mereka, dan itu hanya boleh dilakukan oleh seorang profesional karena dapat menyebabkan jaringan parut jika dilakukan dengan tidak semestinya.

Demikian beberapa cara menghilangkan jerawat flek hitam dan komedo dari wajah secara alami dan cepat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply