Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan Yang Membandel di Wajah

Sebelum kita membahas tentang tips dan cara menghilangkan jerawat bruntusan yang membandel di wajah, ada baiknya kita membahas beberapa hal penting seputar masalah jerawat.

Jerawat bruntusan dikenal juga dengan sebutan jerawat pasir. Disebut pasir karena ukurannya yang sangat kecil, tapi meski kecil jenis jerawat ini sangat mengganggu karena jumlahnya yang sangat banyak.

Kita harus menyadari bahwa setiap pori-pori kulit berpotensi menimbulkan jerawat dimana minyak akan dihasilkan oleh kelenjar yang berada di bawah permukaan kulit.

Minyak atau sebum tersebut sebetulnya berfungsi untuk membersihkan kotoran maupun sel-sel kulit mati yang menumpuk. Namun, adanya perkembangan bakteri di wajah dan bercampur dengan sebum dapat memicu terjadinya jerawat.

Hanya saja, mekanisme terjadinya jerawat tidak sesederhana ini. Beberapa jenis makanan tertentu diketahui juga berpotensi dalam menimbulkan masalah jerawat.

Beberapa jenis makanan yang sering memicu terjadinya jerawat adalah roti, susu, gula dan kedelai. Maka mengatur pola makan juga merupakan salah satu mekanisme dalam pengobatan jerawat.

Cara Mencegah Jerawat Bruntusan

Walaupun sebenarnya ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan terjadinya bruntusan. Namun berikut ini beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan yaitu :

  • Sering-seringlah mencuci muka anda agar lebih mudah membersihkan sisa kotoran yang menumpuk di wajah.
  • Bersihkan kulit dengan beragam bahan alami yang lebih minim resiko dan tidak bersifat kardiogenik.
  • Jangan terlalu sering menyentuh kulit wajah anda. Karena dengan menyentuh kulit wajah akan menambah risiko pengembangan jerawat bruntusan.
  • Jangan memecahkan jerawat anda. Karena ini akan menyebabkan risiko penularan bruntusan lebih tinggi serta menimbulkan bekas jerawat yang menghitam dan permukaan kulit yang tidak rata.
  • Kurangi pemakaian riasan yang berlebihan.

Melembabkan Dengan Aloe Vera

Aloe vera atau yang dikenal dengan nama lidah buaya adalah salah satu tanaman hias yang di dalam daunnya memiliki kandungan gel bening.

Gel yang terdapat pada lidah buaya sangat baik dalam memberantas bakteri penyebab jerawat jika dioleskan langsung ke kulit wajah anda.

Lidah buaya juga bagus untuk menyembuhkan segala jenis luka apalagi jika wajah teriritasi akibat panasnya matahari.



Meskipun lidah buaya bukan obat jerawat namun kandungan yang terdapat dalam lidah buaya sangat efektif memerangi bakteri penyebab jerawat.

Lidah buaya memiliki kandungan sulfur dan beragam nutrisi yang bisa memerangi bakteri penyebab jerawat. Inilah mengapa sangat disarankan menggunakan gel lidah buaya ketika mengalami masalah jerawat yang meradang.

Suplemen Mineral

Mineral zinc membantu dalam proses peradangan dan membantu penyembuhan luka lebih cepat.

Suplemen mineral juga merupakan salah satu pengobatan jerawat yang dianjurkan dan juga merupakan alternatif yang disarankan dimana konsumsi zinc per hari akan mengurangi risiko timbulnya jerawat bruntusan.

Penelitian menunjukan sejumlah orang yang menggunakan zinc setiap hari terlepas dari bentuk apapun yang dikonsumsi akan menyebabkan penurunan risiko untuk mendapatkan jerawat bruntusan.

Batasan asupan zinc yang diperbolehkan setiap harinya adalah sebanyak 40 gr. Jika melebihi batasan ini maka juga tidak baik dan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Namun bagi anda yang sedang berusaha mengatasi masalah jerawat tidak ada salahnya menggunakan terapi zinc.

Coba Suplemen Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung asam eicosapentaenoic asam lemak omega-3 (EPA) dan juga docosahexaenoic (DHA). EPA bisa mengontrol pengelolaan pengeluaran minyak berlebih penyebab jerawat.

DHA dan EPA yang tinggi juga akan menyembuhkan peradangan dan akan mengurangi faktor risiko penyebab jerawat yang lainnya. Suplemen minyak ikan sangat baik dalam melawan bruntusan yang menyebabkan radang di wajah anda.

Gunakan Pelembab

Wajah yang kering hanya akan memperparah tingkat jerawat bruntusan. Maka gunakanlah pelembab berbasis air dan tidak mengandung bahan komedogenik, tapi hindari bahan yang menggunakan wewangian.

Biarkan wajah anda tetap lembab semasa berjerawat, apalagi mendapatkan bruntusan yang membandel. Jangan lupa untuk memakan makanan yang sehat dan hindari yang mengandung lemak berlebih.

Perbanyak minum untuk menghindari dehidrasi. Cukupi kebutuhan istirahat anda minimal 6 hingga 8 jam setiap harinya agar tubuh mendapatkan cukup banyak energi dan tidak menjadi kelelahan maupun stress. Lelah dan stres akan memicu lebih banyak pertumbuhan jerawat bruntusan.

Hindari menggunakan produk make up atau riasan. Gunakan seminim mungkin karena produk-produk tersebut bisa memperparah resiko peradangan yang terjadi ketika mengalami bruntusan.

Cobalah untuk jagan terlalu sering memegang wajah dan bersihkan setidaknya 2 kali sehari menggunakan pembersih yang berbahan ringan tanpa meperparah peradangan.

Obat Tradisional untuk Menyembuhkan Jerawat Bruntusan

Cara mengatasi jerawat bruntusan

Cara mengatasi jerawat bruntusan

Berikut ini pertolongan pertama untuk menyembuhkan bruntusan yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

  1. Aspirin

Adakah yang tidak mengenal aspirin? Aspirin sangat mudah dicari dan dijual bebas di pasaran. Gunakan aspirin sebagai pasta untuk dioleskan ke wajah berjerawat bruntusan anda.

Hancurkan saja satu buah pil aspirin, teteskan sedikit air, lalu oleskan ke wajah dan bilas jika sudah mengering.

  1. Madu

Anda bisa menggunakan madu dengan mengoleskannya secara langsung ke bagian yang berjerawat namun anda juga bisa menggunakannya sebagai tambahan dengan ramuan teh hijau.

  1. Tea Tree Oil 

Minyak essensial yang satu ini sangat bagus untuk mengatasi dan mengobati masalah bruntusan apalagi yang sedang meradang dan memerah. Oleskan tea tree oil secara merata pada wajah dan biarkan semalaman.

  1. Es

Untuk meredakan jerawat bruntusan yang sedang meradang, es adalah salah satu solusi yang ampuh.

  1. Apple Cider Vinegar 

Cuka apel merupakan salah satu bahan yang sangat bagus untuk mengobati jerawat bruntusan serta membersihkan pori-pori wajah anda.

  1. Baking Soda

Jika anda ingin melakukan pengelupasan ringan pada kulit wajah, maka anda bisa menggunakan pasta yang terbuat dari soda kue. Baking soda juga merupakan salah satu metode untuk mengontrol masalah kelebihan minyak pada wajah.

  1. Jus Lemon 

Seperti halnya penggunaan sari cuka apel, lemon juga memiliki segudang manfaat bagi wajah, salah satunya mengatasi masalah jerawat bruntusan.

Cara Efektif Untuk Mengobati Jerawat Bruntusan

Berikut ini beberapa panduan dan cara efektif untuk mengobati jerawat bruntusan:

  • Benzoil Peroksida: Zat efektif yang bisa digunakan untuk membasmi bakteri penyebab jerawat, menjaga kebersihan pori-pori dan membatu dalam memicu pergantian kulit.
  • Asam salisilat: Pengobatan yang paling baik untuk mengatasi masalah bruntusan dan juga masalah komedo yang membandel. Asam salisilat membantu mengurangi peradangan dan pori-pori yang tersumbat.
  • Retin-A: Jenis dari Vitamin A yang biasa ditemukan di produk anti penuaan dan ini akan memicu makanisme pergantian sel baru dan akan membuat pori-pori kian bersih dan tidak mudah tersumbat.

Solusi Cepat Atasi Bruntusan

Jika anda memerlukan sebuah solusi cepat dalam mengatasi masalah jerawat bruntusan maka anda bisa mengandalkan solusi dan pemeriksaan ke dokter kulit.

Dimana nantinya bruntusan ini akan ditangani secara efektif berdasarkan jenis kulit yang anda miliki. Dokter kulit atau ahli dermatologi akan mengambil kesimpulan dan diagnosis berdasarkan hasil pemeriksaan yang menggunakan uji klinis.

Leave a Reply