Cara Mengatasi Jerawat Akibat Make Up dan Kosmetik

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang umum dialami orang. Salah satu penyebab jerawat yang jarang diketahui orang adalah penggunaan kosmetik.

Pada umumnya wanita menggunakan make up dan kosmetik agar selalu tampil lebih cantik dan memikat lawan jenis.

Namun, ada banyak hal yang menyebabkan penggunaan make up manjadi kurang baik bagi kesehatan kulit wajah. Salah satu efek samping yang akan didapat dalam menggunakan make up adalah adanya timbulnya jerawat di wajah.

Di artikel jerawatcinta.com kali ini kita akan membahas secara mendetail mengapa make up dapat menyebabkan jerawat dan bagaimana mengatasi jerawat akibat kosmetik.

Apakah Makeup Menyebabkan Jerawat?

Ya, bahan-bahan yang terkandung di dalam produk make up rata-rata kurang baik dan berpotensi menimbulkan jerawat.

Karena kebayakan produk make up akan meningkatkan produksi minyak pada wajah, menyebabkan sisa make up menumpuk dan menyumbat pori-pori serta berpotensi mengundang bakteri datang.

Pada umumnya daerah pipi dan dahi adalah daerah dimana sering terpapar jerawat akibat make up.

Tetapi menhindari penggunaan make up agar tidak mengalami jerawat bukan solusi yang tepat. Sebab seperti dijelaskan di atas, make up adalah salah satu kebutuhan wanita yang tidak mungkin dihindari.

Jadi solusinya adalah melakukan perawatan khusus pada wajah setelah melakukan make up dan menggunakan bahan-bahan untuk mengurangi jerawat timbul.

Cara Menghindari Jerawat Akibat Salah Kosmetik

Tapi, bagi anda yang menyukai riasan atau harus menggunakan produk make up setiap harinya.



Berikut ini kumpulan tips berguna yang bisa digunakan untuk menghindari dan mengatasi jerawat yang terjadi akibat penggunaan produk make up tersebut.

  • Minimalisir penggunaan. Jangan terlau banyak menggunakan beragam produk kosmetik yang berbeda. Cobalah untuk meminimalisir penggunaan dari produk make up tersebut agar tidak menyebabkan terlalu banyak masalah pada wajah anda nantinya.
  • Label. Terkadang kesalahan awal seseorang ketika menggunakan riasan adalah tidak teliti pada label. Cobalah cari produk yang memiliki basis air bukan minyak agar lebih ramah di wajah apalagi bagi wajah berjerawat. Bahkan juga hindari produk yang memiliki tambahan pewangi karena cenderung memberikan reaksi alergi.
  • Penggunaan. Untuk menghindari timbulnya jerawat dan masalah alergi anda bisa menggunakan pemakaian produk ini dengan cara pengaplikasian yang ringan dan lembut di wajah.
  • Jangan lupa bersihkan. Jangan lupa untuk selalu membersihkan sisa riasan anda setelah anda menggunakannya. Apalagi ketika di malam hari. Karena kulit akan kembali memperbaiki diri ketika anda tidur di malam hari.
  • Alat-alat. kuas, spons dan aplikator make up yang lainnya harus bersih. Jika alat tersebut bisa dicuci maka cuci setiap beberapa hari atau ganti dan beli yang baru. Penggunaan dalam jangka waktu lama akan mengundang bateri penyebab jerawat.
BACA JUGA:  6 Tips Mengatasi Jerawat Akibat Perubahan Hormon

Cara Menghapus Make up untuk Kulit Rawan Jerawat

Tampil cantik tanpa kosmetik

Tampil cantik tanpa kosmetik

Mengetahui bagaimana cara menghapus riasan akan sangat berguna dalam mengatasi dan mengendalikan jerawat yang timbul akibat penggunaan kosmetik atau make up.

  • Untuk riasan mata: Biasanya akan banyak yang menggunakan beragam produk make up untuk mata seperti maskara, eyeliner dan eye shadow misalnya. Gunakan pembersih make up yang berbasis minyak seperti minyak jojoba.
  • Untuk riasan wajah: Gunakan pembersih yang berbasis air untuk mebersihkan produk make up yang menempel di wajah anda. Bahkan anda bisa menggunakan ekstrak air mawar untuk melembabkan kembali kulit wajah anda.

Cara Mengatasi Masalah Jerawat Akibat Salah Kosmetik

Sebenarnya anda tidak memerlukan perawatan jerawat yang spesifik jika anda mengerti pola timbulnya jerawat akibat penggunaan kosmetik tersebut.

Namun, berikut akan kami jabarkan cara mengatasi  jerawat akibat salah kosmetik atau beragam produk make up.

  1. Jauhkan Penggunaan Produk Mengandung Minyak

Walaupun tidak semua produk yang berisikan atau mengandung minyak akan buruk bagi kesehatan wajah. Namun beberapa jenis minyak tidak dapat menembus kulit wajah dan akan menyebabkan penyumbatan pori-pori wajah.

Bahkan anda yang mudah berjerawat harus berhati-hati pada produk yang memiliki kandungan isopropil dan lanolin yang sangat buruk dan akan menyebabkan banyak masalah bagi wajah anda.

Teliti label sebelum menggunakan produk apapun, carilah yang nonkomedogenik dan bebas minyak.

  1. Hindari Wewangian
BACA JUGA:  6 Penyebab Utama Jerawat dan Cara Mengatasinya

Masalah jerawat dan iritasi juga bisa disebabkan oleh produk riasan wajah yang mengandung wewangian atau parfum buatan.

Ini memang sangat populer dimana banyak pemakai riasan akan sangat menyukai produk yang memiliki wangi ekstra. Namun ini akan menyebabkan timbulnya reaksi alergi dan radang makin besar.

  1. Hati-Hati dengan Pemerah Pipi dan Pewarna mata

Ada banyak jenis dan ragam produk perona pipi serta eye shadow yang bisa ditemukan dipasaran bukan? Namun, berhati hatilah menggunakan jenis produk tersebut.

Karena partikel halus yang terkandung dalam produk ini bisa menginfeksi kulit wajah. Jadi hal terbaik dalam menggunakan produk ini adalah dengan menggunakannya secara bijak tanpa harus berlebihan.

  1. Krim Mata

Anda harus tahu bawa daerah di sekitar mata adalah kulit yang lebih sensitif dari pada kulit lainnya di wajah.

Jadi sangat dianjurkan untuk tidak terlalu berlebihan menggunakan produk apapun di bagian ini. Termasuk krim mata yang kandungan krimnya akan sedikit lebih tebal dan akan menyebabkan penumpukan berujung pada jerawat.

  1. Produk Perawatan Rambut Anda

Kurang lengkap memang jika menggunakan produk kecantikan tanpa menggunakan produk perawatan rambut juga.

Namun, pada umumnya produk penataan atau perawatan rambut mengandung zat berbahaya yang mudah terbawa dan mengkontaminasi kulit wajah hingga menyebabkan timbulnya jerawat yang tidak diinginkan.

  1. Bilas Setelah Berolahraga

Berkeringat saja memang tidak akan menyebabkan dan memperparah masalah jerawat karena kita tahu kita pasti akan berkeringat setelah melakukan olahraga.

BACA JUGA:  Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Namun jika anda menggunakan riasan atau kosmetik sebelum olahraga, maka ini akan memicu tumbuhnya jerawat jika anda berkeringat setelah berolahraga dan tidak membersihkannya.

Jadi sangat dianjurkan untuk membersihkan wajah setelah berolahraga atau ketika anda merasa sangat berminyak dan dipenuhi oleh keringat.

Gunakan pembersih wajah yang ringan dan bahkan anda juga bisa menggunakan air hangat untuk membilas wajah anda untuk kembali segar.

  1. Gunakan Produk Bibir Yang Sesuai

Lipstik merupakan salah satu jenis produk kecantikan yang akan digunakan dan sangat disukai oleh banyak wanita.

Namun sayangnya menggunakan lipstik juga berpotensi menumpuk kotoran dan menyebabkan penyumbatan pori hingga berujung pada masalah jerawat. Jadi bijaklah dalam menggunakan lipstik anda.

Semakin berminyak atau glossy maka akan semakin mudah dalam memicu terjadinya jerawat. Maka sangat disarankan menggunakan produk yang matte hindari yang glossy bagi anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat.

Pastikan juga bahwa lipstik tersebut tidak mengandung bahan iritan lain dan bersifat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Memang ada banyak pilihan produk kecantikan yang merupakan pilihan riasan yang labih aman dan hanya mengandung sedikit risiko untuk masalah jerawat.

Inilah mengapa anda dituntut untuk memilih riasan secara teliti dan tidak mengabaikan fakta dimana ini bisa memicu terjadinya jerawat.

Memang tidak mungkin untuk menghindari dan melenyapkan semua faktor penyebab jerawat. Namun, kita tentunya bisa memperkecil risiko timbulnya jerawat tersebut walaupun menggunakan riasan tertentu di sela-sela kesibukan harian.

Mengerti akan bagaimana cara menghindari lebih baik daripada harus mengobati keparahan jerawat yang hanya terjadi akibat penggunaan dari riasan, bukan? Karena ada banyak hal yang akan diperlukan jika anda mendapati masalah jerawat yang meradang walau hanya karena penggunaan riasan make up.

Demikian beberapa tips cara mengatasi jerawat membandel akibat penggunaan make up dan kosmetik yang tidak benar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply