Cara Mengatasi Jerawat Batu Dan Bekasnya di Wajah

Kita tahu bahwa jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang sangat merepotkan, tidak hanya dari segi ukuran, namun juga penyebarannya yang lebih cepat bahkan hingga 2 kali lebih cepat dari jerawat biasa.

Jerawat batu ini adalah jenis jerawat yang lebih sulit ditangani dan akan meberikan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Namun meski demikian ini bukan berarti anda tidak bisa menyembuhkan jerawat batu.

Ada banyak cara yang dianjurkan untuk membersihkan dan mengatasi jerawat batu dan bekasnya di wajah. Tapi sebelum membahas bagaimana mengilangkannya, terlebih dahulu kita akan mencari tahu apa saja faktor penyebab jerawat batu.

Penyebab Jerawat Batu

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat batu muncul di wajah, berikut ini diantaranya:

  1. Genetika

Salah satu faktor yang berperan dalam timbulnya masalah jerawat batu adalah faktor genetika. Dimana seseorang yang terlahir dari keluarga yang memiliki riwayat masalah jerawat ini akan lebih mudah terserang masalah yang sama.

  1. Kulit Wajah Sensitif

Memang tidak semua orang yang memiliki kulit wajah sensitif akan mudah terkena jerawat. Namun kulit wajah yang sensitif akan lebih rentan menyebabkan seseorang terkena masalah jerawat jenis yang satu ini.

Bahkan hanya dengan sering memegang wajah akan menyebabkan timbulnya jerawat batu di kalangan orang yang memiliki wajah sensitif.

  1. Pembersih Wajah Yang Tidak Higenis

Kita tahu bahwa orang memiliki kecendrungan untuk mengatasi masalah jerawat yang dialami dengan menggunakan beragam produk kecantikan.

Dan ini sebenarnya bukanlah cara yang dianjurkan. Karena kebanyakan jenis kulit sensitif dapat menyebabkan masalah jerawat semakin parah, jika sembarangan dalam menggunakan produk pembersih jerawat yang tidak higenis dan tidak cocok.

  1. Jarang Membersihkan Wajah

Wajah yang tidak sering dirawat dan jarang melakukan perawatan juga akan berpotensi menghasilkan jerawat batu. Setidaknya bersihkan dan cuci wajah anda 2 kali sehari.



  1. Kosmetik Berbahaya
BACA JUGA:  4 Obat Antibiotik yang Terbukti Ampuh Menghilangkan Jerawat Batu

Kita tahu bahwa tampil cantik adalah keinginan banyak orang. Namun, justru kosmetik yang salah akan menyebabkan masalah jerawat hingga yang paling parah adalah masalah jerawat batu.

Jadi, sebaik mungkin jangan terlalu sering menggunakan produk kecantikan atau produk make up.

  1. Kelebihan Minyak

Jika wajah anda adalah tipe wajah berminyak dan sensitif ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan masalah jerawat.

Nah, demikianlah beberapa faktor umum yang akan menyebabkan masalah jerawat (acne). Selanjutnya kita akan membahas bagaimana anda bisa menghilangkan masalah jerawat batu beserta mengatasi bekasnya.

Bagaimana Mengatasi Jerawat Batu dan Bekasnya

Menghilangkan jerawat batu secara alami

Mengatasi jerawat batu secara alami

Beberapa daftar perawatan di bawah ini adalah perawatan alami yang akan meminimalisir risiko atau efek samping. Berikut ini tips dan cara mengatasi jerawat batu secara alami dan tentu saja aman.

  1. Jeruk Nipis

Biasanya masalah jerawat batu adalah masalah yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih di wajah. Dimana bakteri dan kotoran di pori-pori wajah akan mengkontaminasi dan bercampur dengan minyak berlebih tersebut.

Nah, untuk mengatasinya maka anda bisa menggunakan jeruk nipis. Karena zat asam yang ada di dalam kandungan jeruk nipis akan menetralkan sekresi minyak wajah anda.

Caranya:

  • Anda hanya perlu membelah jeruk nipis dan campurkan dengan garam halus kemudian oleskan secara merata ke wajah anda dan keringkan.
  • Biasanya akan memerlukan waktu 20 hingga 30 menit untuk mengeringkannya.
  • Setelah itu anda bisa melakukan pembilasan menggunakan air hangat agar wajah anda kembali bersih dan membunuh serangan bakteri yang menyebabkan jerawat kian meradang.

Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk nipis juga baik untuk mengatasi bekas jerawat batu anda yang telah terbentuk.

  1. Daun Sirih
BACA JUGA:  Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Jika anda mencari salah satu cara ampuh dan efektif dalam mengatasi masalah kuman maupun bakteri yang menyebabkan jerawat batu maka gunakanlah terapi daun sirih ini.

Caranya:

  • Cuci bersih sebanyak 5 lembar daun sirih, kemudian rebus dengan 200 cc air hingga mendidih.
  • Setelah itu tiriskan dan gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci wajah anda secara teratur.
  • Tunggu air rebusan hingga tidak terlalu panas agar tidak merusak sel-sel kulit wajah anda.
  • Setelah itu, anda wajib mencuci kembali wajah anda menggunakan air bersih.
  1. Tomat

Buah yang kaya akan manfaat ini juga memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit anda. Tomat merupakan buah yang dapat mengatasi banyak masalah di wajah terutama masalah jerawat, baik itu masalah jerawat batu maupun jerawat biasa.

Buah ini juga bisa mengatasi dan menangkal radikal bebas.

Caranya:

  • Haluskan buah tomat dan oleskan kepada wajah anda secara merata dan biarkan adonan ini mengering dengan sendirinya.
  • Setelah itu, cuci wajah anda menggunakan air hangat atau menggunakan air biasa.
  1. Lidah Buaya

Bakteri yang ada di wajah yang dapat menyebabkan peradangan dan menimbulkan masalah jerawat batu bisa diatasi dengan penggunaan masker lidah buaya.

Lidah buaya ini mengandung banyak nutrisi penting dan juga vitamin E yang diketahui baik menjaga kesehatan kulit dan mengembalikan kelembaban alami.

Caranya:

  • Kupas dan cuci bersih lidah buaya tersebut.
  • Ratakan gel pada wajah anda yang memiliki masalah jerawat batu, tunggu hingga kering dan kemudian bilas hingga bersih.
  1. Mentimun

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh mentimun pada wajah anda. Kandungan air yang dimilikinya akan memberikan efek melembabkan dan penyegaran pada wajah.

Bahkan mentimun juga bahan alami yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat batu anda tersebut.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Batu dari Wajah Secara Alami

Caranya:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dan haluskan satu potong atau setengah potong mentimun.
  • Ratakan pada wajah dan tunggu hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.
  1. Madu

Ada banyak sekali manfaat madu bagi kecantikan, salah satunya adalah melembabkan dan mengahluskan kulit wajah yang terjadi akibat bekas jerawat batu tersebut.

Jerawat batu yang meradang akan menimbulkan bopeng yang tidak merata pada permukaan kulit wajah. Sangat dianjurkan menggunakan masker madu dalam mengatasinya.

Caranya:

  • Oleskan secara merata madu keseluruh wajah kemudian biarkan hingga kering.
  • Setelah itu bersihkan menggunakan air bersih.

Lakukan perawatan ini secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

  1. Minyak Zaitun

Ini merupakan salah satu minyak essensial yang amat baik bagi kesehatan kulit wajah anda. Ingin memiliki kulit bersih, lembab, bercahaya dan bebas jerawat? Maka gunakan minyak zaitun secara rutin.

Caranya tidak sulit, kok. Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun secara merata dan teratur pada wajah dan pijat halus dengan gerakan memutar. Biarkan mengering dan setelah itu cuci bersih kembali wajah anda.

Nah demikianlah rangkaian perawatan alami yang bisa digunakan dalam mengatasi jerawat batu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang akan meminimalisir resiko.

Jangan lupa untuk membersihkan wajah anda secara teratur 2 kali sehari agar tidak terlalu menumpuk kotoran di sana.

Setidaknya anda harus meminum 1,5 liter hingga 4 liter air perharinya. Air sangat bagus untuk membuang sisa racun dan mengembalikan kesehatan tubuh. Ini akan berfungsi secara tidak langsung dalam pencegahan dan pengendalian masalah jerawat batu anda tersebut.

Jika masalah anda tidak kunjung sembuh maka sangat disarankan untuk menemui dermatologis dan mealakukan pemeriksaan kesehatan kulit wajah untuk mendapatkan perawatan lanjutan yang cocok dan sesuai dengan tipe dan jenis keparahan jerawat batu yang anda alami.

Leave a Reply